Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh para pembaca semua, semoga teman-teman diberikan kesehatan dan kemudahan dalam segala urusannya ya, Aaaaaamiiiiin.

Oke, jadi tulisan ini untuk apa? Mungkin ada yang bertanya-tanya atau tidak ya hehe. Artikel ini saya tulis untuk kembali membuka era baru lebih tepatnya dari blog Aksara Mandiri ini. Kenapa era baru? Silakan simak penjelasannya ya. 

Jadi kita kembali ke tahun 2020 di mana saya memutuskan membuka kembali blog ini sebagai sarana menulis saya. Karena blog ini awalnya hanya untuk coba-coba dan tidak ada niat untuk diseriusi. Sampai pada saat saya mengajak adik tingkat saya yang teman-teman sudah pada kenal yaitu Marsellio Rinaldi untuk bergabung dan ikut berkontribusi di sini, barulah blog ini kembali hidup.

Tentu penuh lika-liku dan perjuangan hingga sampai blog ini berkembang ke tahap bisa menampilkan iklan. Hingga singkat cerita saya kembali merekrut dua adik tingkat untuk ikut menulis di blog ini yang teman-teman kenal di sini dengan nama Dimas Achmad Mu'arif & Sintya Maulidiyah. 

Namun seperti biasanya, kita hanya bisa berencana tapi Allah yang punya kuasa. Blog ini tidak serta merta mengalami peningkatan signifikan dengan adanya penulis-penulis baru. Mungkin karena mereka juga memiliki kesibukan tersendiri yang saya sendiri tidak paham. 

Beberapa kali kami berusaha kembali meningkatkan kualitas dan kuantitas tulisan, namun sampailah saat jalan buntu dan saya harus mengeluarkan mereka semua dan kembali mengelola blog ini sendiri. Mulai dari Marsel yang banyak tidak menyelesaikan cerbung-cerbung yang ia buat dan malah menambah cerbung baru. Dimas yang tidak ada tulisan lain selain perkenalannya, dan masih banyak lagi.

Yang terakhir bertahan adalah Sintya yang kembali mulai menulis cerbung baru miliknya, namun entah karena apa ia hilang kontak dan tak pernah muncul lagi. Saya tidak ingin membuka aib siapapun di sini. Tapi hanya ingin menyampaikan bagaimana keadaan blog ini sekarang agar para pembaca bisa memahami jikalau teman-teman bertanya-tanya mengenai kemana tulisan-tulisan baru.

Jadi itu sekilas ya mengenai apa yang terjadi selama setahun belakangan ini di Aksara Mandiri. Namun saya tetap akan menulis dan akan terus berusaha memperbaiki apa yang mungkin belum bisa saya lakukan dalam blog ini. Tentunya itu tidak akan terjadi jika tanpa bantuan dan dukungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan para pembaca semua.

Tujuan saya menulis artikel ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberitahu bahwa saya masih di sini, masih akan mengurusi blog ini, mungkin hingga akhir hayat. Kedepannya apakah akan kembali merekrut penulis baru? Allahu A'lam. Yang jelas, jika iya maka seleksi dari saya akan lebih ketat agar tidak kembali terjadi hal-hal seperti ini.

Mungkin hanya sekian ya, nantikan terus tulisan-tulisan saya. Semoga kita bisa terus menjaga tali silaturahim dan memepererat literasi kita bersama. Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Gambar : Telegram Channel (Pixel Art)